PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KELURAHAN OESAPA

TOINENO, Dedi O. (2025) PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KELURAHAN OESAPA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1.COVER,PENGESAHAN DLL.pdf

Download (252kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh perilaku kewirausahaan dan pemasaran terhadap pendapatan UMKM kuliner di kelurahan Oesapa. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh perilaku kewirusahaan dan pemasaran terhadap pendapatan umkm kuliner di kelurahan oesapa. Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui pengaruh perilaku kewirausahaan dan pemasaran terhadap pendapatan umkm kuliner dikelurahan oesapa. Metode penelitian dalam penelitian ini yakni populasi dan sampel pada pelaku usaha kuliner di kelurahan oesapa sebanyak 31 responden. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan koesioner dengan angket tertutup sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda, uji parsial ( uji t),uji simultan ( uji f) dan koefisien determinasi(R2 ). Berdasarkan persamaan regresi linear berganda : Y = 70.575: 00,418X1+0,333X2+ e. diketahui bahwa nilai konstanta a sebesar 70,575 sedangakan koefisien b1adalah 0,418 artinya jika nilai perilaku kewirausahaan (X1) dan pemasaran (X2) sama dengan nol, pendapatan UMKM(Y) memiliki nilai sebesar 70,575 sedangkan koefisien regresi (b1) sebesar 0,418 artinya jika perilaku kewirausahaan mengalami kenaikan sebesar 1 unit maka pendapatan akan meningkat sebesar 0,418. koefisien bernilai positif artinya terjadfi pengaruh positif antara perilaku kewirausahaan dan pendapatan. dan koefisien regersi (b2) sebesar 0,333 artinya jika pemasaran mengalami kenaikan sebesar 1 unit maka pendapatan akan meningkat sebesar 0,333 koefisien bernilai positif antara pemasaran dan pendapatan. Berdasarkan landasan teori dan disertai dengan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa perilaku kewirausahaan dan penmasaran memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pendapatan umkm kuliner di kelurahan oesapa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial bahwa perilaku kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan umkm kuliner di kelurahana oesapa dan secara simultan perilaku kewirausahaan dan pemasaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap pendapatan umkm kuliner dikelurahan oesapa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kewirausahaan, Pemasaran, Pendapatan Umkm
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:35
Last Modified: 18 Dec 2025 01:35
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item