SOIK, Yany Aria (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMPS ADVENT NUSRA TAHUN AJARAN 2019 / 2020. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPS Advent Nusra. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kognitif. Metode yang digunakan adalah metode eksprimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 34 siswa dan sampel kelas VII A dan kelas VII B berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data yang digunakan tes pilihan ganda dan tes essay.Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas eksprimen lebih tinggi yaitu mengingat (remember) 87,05%,memahami (understanding) 8,82%,dan menerapkan (applying) 70,58 %.dibandingkan dengan hasil belajar siswa kognitif pada kelas kontrol.Adanya pengaruh hasil belajar kognitig siswa kelas eksprimen dan kelas kontrol, karena kelas eksprimen menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan menggunakan peta konsep sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvesional. Pada penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining siswa bekerja sama dalam berdiskusi kelompok karena siswa dituntut untuk menyampaikan pendapat atau ide masing-masing kepada peserta didik lainnya melalui bagan atau peta konsep. Dengan adanya media peta konsep siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga mudah dipahami oleh siswa,mudah di ingat dan menghafal materi serta memudahkan untuk membuat catatan dan memudahkan siswa untuk menyampaikan pendapat.Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Student Facilitator And Explaining, p |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:01 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 04:01 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |