IKA, Elisabeth (2023) METODE PELAKSANAAN KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU PJOK PADA SISWA KELAS V SD GMIT MANUMUTI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
Latar belakang: Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan sistem pendidikan yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, kesehatan, stabilitas emosi, keterampilan sosial. Maka dalam penyelenggaraan pendidikan yang dipahami sebagai sebuah proses belajar seumur hidup, kehadiran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat penting karena memberikan kesempatan bagi peserta didik agar dapat terlibat langsung di dalam aktivitas jasmani yang dilakukan secara terarah dan sistematis. Tujuan penelitian: Untuk mendeskripsikan metode pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar guru PJOK Pada Siswa Kelas V SD GMIT Manumuti. Metode penelitian: Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang dilakukan peneliti dilokasi penelitian, secara umum metode pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar guru PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di SD GMIT Manumuti sudah diterapkan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi atau ditingkatkan lagi. Metode pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar guru PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di SD GMIT Manumuti secara keseluruhan terlihat baik, hanya pada saat kegiatan pendahuluan, dalam hal ini guru belum mengaitkan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya pada materi yang dipelajari dan guru belum menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. Simpulan: Metode belajar mengajar dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan untuk menyampaikan atau menanamkan pengetahuan kepada subjek didik, atau anak melalui sebuah kegiatan belajar mengajar, baik disekolah, rumah, kampus, dan lain-lain. Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan prosses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, hasil belajar, pendidikan jasmani |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:15 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |