PENGARUH HARGA JUAL DAN TINGKAT PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MEMBELI AYAM BROILER DI KELURAHAN LILIBA KOTA KUPANG

OTO, Desmon Edison A. (2024) PENGARUH HARGA JUAL DAN TINGKAT PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MEMBELI AYAM BROILER DI KELURAHAN LILIBA KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Ayam ras pedaging atau biasa disebut ayam broiler termasuk jenis ayam yang difokuskan untuk menghasilkan daging. Kelurahan Liliba merupakan salah satu wilayah kelurahan yang memproduksi ayam broiler di Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh harga jual terhadap keputusan pelanggan dalam membeli ayam broiler di Kelurahan Liliba Kota Kupang; 2) untuk mengetahui pengaruh tingkat pembelian terhadap keputusan pelanggan dalam membeli ayam broiler di Kelurahan Liliba Kota Kupang. Harga, yakni jumlah yang ditagihkan dalam suatu produk atau jasa. Harga dapat dilihat dari persepsi nilai produk mempunyai arti sebagai jumlah semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan keuntungan setelah memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. Tingkat pembelian adalah proses penemuan barang, bahan, jasa atau perlengkpan dalam jumlah yang tertentu atau berlapis. Ayam Broiller Menurut Rasyaf (2012) yaitu ayam jantan atau betina yang umumnya berfungsi sebagai penghasil daging. Karakteristik ayam broiler yang baik yaitu ayam aktif, lincah, nafsu makan dan minum lebih baik, dan pertumbuhan badan cepat. Ayam broiler adalah jenis ayam unggul, di seleksi dan rekayasa genetik yang dilakukan oleh pembibitnya, dari hasil persilangan bangsabangsa ayam yang mempunyai produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging (Santoso dan Sudaryani, 2011). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli ayam broiler pada 1 tahun terakhir sebelum penelitian ini dilakukan di di Kelurahan Liliba Kota Kupang. Sedangkan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah yeknik non probability sampling yaitu dengan teknik penentuan sample berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Kemudian data responden dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisiensi determinasi yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam membeli ayam broiler di Kelurahan Liliba Kota Kupang dengan nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel (3,776 > 2,012) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Demikian pula dengan tingkat pembelian juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam membeli ayam broiler di Kelurahan Liliba Kota Kupang dengan nilai t-hitung yang juga lebih besar daripada nilai t-tabel (4,009 > 2,012) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Tingkat Pembelian, Keputusan Pelanggan, Ayam Broiler
Subjects: Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 07 Jun 2025 02:25
Last Modified: 07 Jun 2025 02:25
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item