PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 4 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2021/2022

NUBAN, Natalia K. E. (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 4 KUPANG BARAT TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3 BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
7 BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Kupang Barat. Metode yang digunkan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desing. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 30 siswa, Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes essay dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t, bantuan SPPS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perhitungan Independent Samples Test nilai signifikan Equal variances assumed memiliki taraf Sing (2-tailed) =0.000 yang artinya <0,05 maka hipotesis yang dipakai yaitu H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning (PBL) di SMP Negeri 4 Kupang Barat. Hal ini menunjukan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gambar memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran yang diterapkan dapat melatih siswa untuk bekerja sama dalam kelompok tanpa ada yang mendominasi sehingga tercipta ketertarikan dan keaktifan siswa yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Media Gambar, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:27
Last Modified: 10 Jul 2023 03:27
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item