NABUT, Rut Mutiara (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL GAGNON AND COLLAY DI SMP NEGERI 6 AMARASI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
COVER.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama pada saat observasi adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Amarasi disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Gognon AndCollay dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu (Biologi) pada siswa SMP Negeri 6 Amarasi. Jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Data hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Gagnon And Collay. Kelebihan dari model ini siswa yang awalnya kurang aktif menjadi aktif dalam pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar.Hal ini dikarenakan model pembelajaran Gagnon AndCollaymemberikan kesan kuat terhadap peserta didik sehingga membangkitkan semangat dan membangun kerja sama yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai siklus I pertemuan II. Hasil observasi aktifitas guru siklus I pertemuan I 76% dan pertemuan II 90% sedangkan hasil tes siswa siklus I pertemuan I 57% dan pertemuan II 92%. Berdasarkan analisis data pada pertemuan II yang dilakukan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa ketika menerapkan model Gagnon And Collay hal ini dilihat dari hasil tes dan hasil observasi aktivitas guru yang menunjukan bahwa nilai siklus I pertemuan I lebih rendah dibandingkan dengan pertemuan II. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan materi Sistem Pernapasan dikelas VIII SMP Negeri 6 Amarasi menggunakan model pembelajaran Gagnon And Collay dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehigga peneliti tidak melanjutkan ke penelitian siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Model, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:50 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |