MAAHURY, Novalina A. (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS (TC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
COVER.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
(DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking chips (tc) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 265 siswa yang terdiri dari satu 9 kelas dan sampel yang diambil yaitu populasi yang berada di kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Thitung>Ttabel atau 14.769>2,045 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran talking chips (tc) salah satu model yang mempermudah siswa untuk untuk bisa berpikir aktif dan menyampaikan pendapat atau kontribusi masing-masing karena model talking chips (tc) siswa diberikan tantangan dengan satu orang siswa memiliki 2-3 buah kancing untuk memecahkan masalah yang dihadapi, maka siswa akan lebih mudah mengingat apa yang telah mereka pelajari sehingga ketika diberikan tes maka akan mempengaruhi hasil belajar kognitif mengingat (C1) 96% memahami (C2) 84.33%, menerapkan C3) 93.33%, menganalisis (C4) 81.33% siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran talking chips (tc) terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP negeri 14 kota Kupang tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Model Talking Chips (TC), Hasil Belajar Kognitif Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:49 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |