PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BOLA BASKET PADA SISWA SEKOLAH DASAR

NGE, Afriandi (2025) PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BOLA BASKET PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1.COVER,PENGESAHAN DLL.pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Latar belakang: Kurangnya minat belajar siswa dikarenakan keterbatasan dalam penyediaan alat dan media pembelajaran pada permainan bola basket. Tujuan penelitian: Untuk Meningkatkan Minat belajar pada siswa kelas V UPTD SD Inpres Oeteta menggunakan media barang bekas sebagai media pembelajaran bola basket. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, PTK terdiri atas empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Hasil dan pembahasan: Hasil dari penelitian ini berdasarkan yang diketahui presentase siswa kelas V UPTD SD Inpres Oeteta yang tuntas pada siklus I mencapai: Shooting (menembak bola ke ring kardus), dan melewati rintangan sederhana (ban bekas dan botol plastik) 57%. Selanjutnya presentase tersebut mengalami peningkatan 100% pada siklus II. Dan Sementara itu hasil pengolahan data Angket minat belajar siswa terhadap pembelajaran bola basket, diperoleh total skor keseluruhan 492 dari skor maksimal 504, yang berasal dari 14 siswa, dengan 9 pernyataan Angket menggunakan skala likert 1-4. Dengan Hasil Presentase tersebut menunjukan bahwa minat belajar siswa secara klasikal termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dengan presentase (97,61%). Dengan demikian, Penggunaan media/alat barang bekas dalam pembelajaran bola basket mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan, karena sebagian besar siswa menunjukan sikap Antusias, senang, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran yang menggunakan media/alat dari barang bekas. Simpulan: Berdasarkan Hasil penelitian dan Pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan media/alat barang bekas terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bola basket di kelas V UPTD SD Inpres Oeteta. Media/alat seperti ring kardus, ban bekas, botol plastik, dan bola plastik pengganti bola basket mampu menarik perhatian dan membuat siswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajara, BOla Basket, Media/ alat Barang Bekas
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 Dec 2025 05:01
Last Modified: 19 Dec 2025 05:01
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item