PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING PADA PELAJARAN PJOK MATERI TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS V SD INPRES LEDEMERA KECAMATAN SABU LIAE

KASSE, Beriyanto (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING PADA PELAJARAN PJOK MATERI TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS V SD INPRES LEDEMERA KECAMATAN SABU LIAE. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (584kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Latar Belakang: Model pembelajaran adalah sebuah contoh atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam menyusun langkah-langkah. Project based learning (PJBL) adalah model pembelajaran yang mengorganisasikelas dalam sebuah proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awaldalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran berbabis proyek bukan hanya bertujuan agar peserta didik mendapat pengetahuan kognitif saja, melainnkan menargetkan pembelajaran secara keseluruhan. Selain aspek kognitif, peserta didik juga dapat mengembangkan aspek psikomotor dan afektifnya. Cabang olahraga atletik sub materi tolak peluru dalam pendidikan jasmani Terdapat tujuan pendidikan yang perlu dikembangkan dalam diri siswa sebagai individu yang berkembang, sebagai sarana memperoleh keterampilan bagi anak sekolah, khususnya anak Sekolah Dasar. Tujuan Pembelajaran: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar PJOK materi Tolak peluru melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada peserta didik kelas V SD Inpres Ledemera Kecamatan sabu Liae Metode Penelitian: Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas, Menurut Suharsimi Arikunto, Dkk (2012:102) adalah jenis penelitian ini yang mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesonalisme Pendidikan dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat kondisi siswa. Hasil dan pembahasan: Hasil pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SD Inpres Ledemera menggunakan medel Project based learning (PJBL)terdapat perbedaan yang signifikan dan hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari siklus I dengan hasil 60% mencapai ketuntasan dan 40% tidak tuntas sedangkan di siklus II 89% mencapai ketuntasan dan 11 % tidak tuntas dengan demikian penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menigkatakan hasil belajar siswa. Kesimpulan:Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran PJOK dapat ditingkatkan dengan penerapan model project based learning pada siswa kelas V SD Inpres Ledemera. Hal ini dapat dibuktikan dari keterampilan berpikir siswa yang meningkat. Dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I mencapai 60%, yang berarti termasuk kategori “cukup” akan tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal. Kemudian pada siklus II menperoleh hasil penelitian 89%, yang berarti termasuk kategori “sangat baik” dan sudah mencapai ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran PJBL
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 Dec 2025 03:45
Last Modified: 19 Dec 2025 03:45
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item