KOLI, Chrisantus Charles (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULASI MATERI KASTI MELALUI GAMES DI SDK NUALAIN 1. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 COVER.pdf Download (730kB) |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
|
Text
3 BAB 1.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Latar Belakang: Efektivitas pembelajaran gerak dasar manipulasi pada materi kasti melalui media games di SDK Nualain 1 berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi dan pesan pembelajaran kepada siswa. Penggunaan games diharapkan dapat membantu proses pembelajaran secara menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengembangkan kemampuan gerak dasar manipulasi dalam permainan kasti. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran gerak dasar manipulasi melempar dan menangkap di SDK Nualain 1 dengan permainan games. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengelola, menganalisa, menyimpulkan dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis. Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan hasil penelitian diketahuijumlahsiswa yang mengikuti tes gerak dasar manipulasi melalui games padasiklus 1 sebanyak 20 siswa. Dari jumlah tersebut terdapat 3 siswa dengan presentase (15%) memiliki kemampuan melakukan gerak dasar manipulasi yang “sangat baik”, sedangkan terdapat 3 siswa dengan presentase (15%) memiliki hasil belajar gerak dasar manipulasi yang “baik”. Sementara itu terdapat 2 siswa dengan presentase (10%) memiliki hasil belajar gerak dasar manipulasi yang “cukup”, terdapat 10 siswa dengan presentase (50%) memiliki hasil belajar gerak dasar manipulasi yang “kurang”, serta terdapat 2 siswa dengan presentase (10%) memiliki hasil belajar gerak dasar manipulasi yang “sangat kurang”. Diketahui jumlah siswa yang tuntas atau memperoleh nilai akhir melakukan gerak dasar manipulasi > 75 pada siklus 1 terdapat 6 siswa dengan presentase (30%), dan terdapat 14 siswa dengan presentase (70%) Tidak Tuntas atau < 75. Simpulan: Kesimpulan yang ditarik dari penelitian ini adalah melalui games dikatakan efektiv karena dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulasi pada siswa Kelas V SDK Nualain 1.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran; Gerak Dasar Manipulasi; Media Games |
| Subjects: | L Education > Sports |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 05:54 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 05:54 |
| URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
