TIMU, Libertus S. (2025) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI (SIMULATION-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI BAGI SISWA UPTD SD INPRES NOELBAKI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf Download (979kB) |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (306kB) |
|
|
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
|
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan hasil pengamatan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan hasil observasi pada tanggal 9-10 April 2025 di Unit Pelaksana Teknis Daeras (UPTD) SD Inpres Neolbaki, peneliti masih menemukan banyak siswa yang belum menguasai teknik dasar bola voli, baik itu servis, passing, smash dan block dengan benar. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum menjawab kebutuhan siswa, metode yang kurang efektif atau monoton serta antusias siswa menurun terhadap materi dan siswa kurang mendengarkan penjelasan guru. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui model pembelajaran berbasis simulasi (simulation-based learning) untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli bagi siswa UPTD SD Inpres Noelbaki. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah. (Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran passing bola voli di UPTD SD Inpres Noelbaki pada siklus I, jumlah siswa yang mengikuti tes teknik passing bola voli sebanyak 33 orang. Sebanyak 19 orang siswa dengan presentasi (58%) memiliki hassil belajar passing bola voli yang “baik”. Sementara, 7 orang siswa dengan presentasi (21%) memiliki hasil belajar passing bola voli yang “cukup”, serta 7 siswa dengan presentasi (21%) memiliki hasil belajar passing bola voli yang “kurang”. Dengan rata-rata skor terendah berada pada rata-rata 66,16 dengan skor tertinggi 75. Dan setelah diberikan pengarahan dan perbaikan pada siklus II hasil pembelajaran passing bola voli melalui pembelajaran berbasis simulasi pada siswa kelas UPTD SD Inpres Noelbaki berada pada rata-rata 83,08 dan skor tertinggi 100. 20 siswa dengan presentasi (61%) memiliki hasil belajar pasing bola voli yang “sangat baik”, dan 13 siswa dengan presentasi (39%) memiliki hasil belajar passing bola voli yang “baik”. Simpulan: Sesuai dengan hasil penelitian tersebut maka menjadi kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pada pembelajaran passing bola voli melalui pembelajaran berbasis simulasi pada siswa UPTD SD Inpres Noelbaki. Sehingga dapat diartikan bahwa hasil perlakuan pembelajaran passing bola voli pada materi bola voli melalui pembelajaran berbasis simulasi meningkat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Simulation-Based Learning. |
| Subjects: | L Education > Sports |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 04:08 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 04:08 |
| URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
