TINJAUAN PROSES PEMBELAJARAN LARI ESTAFET DI SD GMIT NOMOR 7 OEBUFU

METO, Andreas Tudei (2025) TINJAUAN PROSES PEMBELAJARAN LARI ESTAFET DI SD GMIT NOMOR 7 OEBUFU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
4. BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
5. BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
7. BAB V.docx

Download (28kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)

Abstract

Latar belakang: Pentingnya pembelajaran olahraga dalam pendidikan dasar untuk mengembangkan keterampilan motorik, kerjasama tim, dan sportivitas siswa. Lari estafet sebagai salah satu cabang olaraga atletik, yang memerlukan teknik, koordinasi, dan kekompakan tim. Tujuan penelitian: Untuk meninjau proses pembelajaran lari estafet di SD GMIT Nomor 7 Oebufu. Fokus dari penelitian ini adalah pada metode pengajaran, fasilitas pendukung, serta respon siswa terhadap proses pembelajaran. Metode penelitian: Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru olahraga serta siswa kelas VI.C, SD GMIT Nomor 7 Oebufu menunjukan bahwa minat siwa dalam pembelajaran lari estafet cukup tinggi. Namun, pemahaman mereka terhadap teknik dasar lari estafet masih rendah, seperti cara memegang tongkat, memberikan tongkat, dan menerima tongkat. Untuk itu hal tersebut perlu ditingkatkan. Guru menggunakan metode demonstrasi dan praktik langsung, namun guru kurang memelihara ketertiban siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung sehingga siswa kurang perhatian terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru. Kendala lain yang ditemukan adalah keterbatasan waktu latihan serta jumlah peralatan yang kurang memadai danlapangan yang kurang memadai (lapangan sempit dan berdebu). Simpulan: Tinjauan terhadap proses pembelajaran lari estafet di SD GMIT Nomor 7 Oebufu menunjukan bahwa meskipun minat siswa terhadap pembelajaran cukup tinggi, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti pemahaman teknik dasar, penggunaan metode pembelajaran yang lebih inovatif, dan penyediaan sarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lari estafet; proses pembelajaran; pendidikan jasmani
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:16
Last Modified: 10 Dec 2025 04:16
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5726

Actions (login required)

View Item View Item