MOTIVASI BERMAIN ROUNDERS PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SD GMIT AIR NONA 1 KUPANG

HAWU, Marthen Dogi (2024) MOTIVASI BERMAIN ROUNDERS PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SD GMIT AIR NONA 1 KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf

Download (634kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Latar belakang: Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas V SD GMIT Airnona 1 Kupang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar penjasorkes dengan materi rounders, (2) rendahnya minat siswa dalam melakukan permainan rounders. Tujuan penelitian:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Bermain Rounders Pada Proses Pembelajaran PJOK Siswa Kelas V SD Gmit Air Nona 1 Kupang Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil wawancara dan hasil penelitian tentang Pembelajaran permainan rounders seperti yang dikemukan oleh guru penjasorkes bahwa dalam proses pembelajaran guru melakukan refleksi, benahi dan mempunyai rencana supaya peserta didik aktif dalam pembelajaran, agar kelas tetap kondusif saat pembelajaran berlangsung, guru juga harus tegas dalam pembinaan pada saat mengajar. Jika peserta didik kesulitan dalam pembelajaran rounders, maka tugas guru adalah untuk membimbing, memberi motivasi dan memberi dorongan. Apabila pada awal pembelajaran siswa tidak dapat melakukan permainan rounders dengan baik maka harus dilakukan gerakan atau praktek secara berulang-ulang kali sehingga mereka paham dan mengerti dalam pembelajaran permainan rounders. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran rounders di SD GMIT Airnona 1 Kupang berlangsung dengan baik dan siswa menjadi aktif dan kreatif. Simpulan: Peneliti disimpulkan bahwa Data hasil Tinjauan pembelajaran permainan rounders pada siswa kelas V SD GMIT Airnona 1 Kupang masih kurang efektif karena masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran berlangsung dikarenakan ada beberapa siswa yang belum bisa melakukan cara melempar, memukul dan menangkap bola dalam permainan rounders dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Bermain Rounders, Pembelajaran
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 17 May 2025 03:15
Last Modified: 17 May 2025 03:15
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item