PENGELOLAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SD GMIT KUANINO 3 TAHUN AJARAN 2023/2024

MBADO, Lili Delila (2025) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SD GMIT KUANINO 3 TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen merupakan kesatuan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru mulai dari perencanaan, proses kegiatan sampai dengan evaluasi serta proses tindak lanjut yang berlangsung dalam pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan Agama Kristen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan pembelajaran oleh Guru pendidikan Agama Kristen di SD GMIT Kuanino 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh Guru Pendidikan Agama Kristen di SD GMIT Kuanino 3. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD GMIT Kuanino 3 telah dilakukan dengan baik melalui kegiatan pendahulu, inti dan penutup yang dirancang untuk memotivasi, melibatkan siswa secara aktif, dan memastikan pemahaman materi. Hal ini tercermin dari beberapa aspek utama. Pertama, kegiatan pembelajaran yang terstruktur, meliputi tiga tahap utama yaitu pendahuluan, inti, dan penutup yang dirancang secara cermat untuk menciptakan alur pembelajaran yang jelas dan efektif. Struktur ini mendukung siswa untuk memulai pembelajaran dengan fokus, berpartisipasi aktif selama proses inti, dan mengakhiri pembelajaran dengan refleksi serta penguatan pemahaman. Kedua, guru secara aktif memotivasi siswa dan menciptakan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, menunjukkan upaya untuk membangun suasana kelas yang interaktif dan kondusif. Proses pembelajaran juga ditunjang dengan penggunaan metode yang variatif, media yang relevan, serta pendekatan yang komunikatif dan inspiratif untuk mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran, Guru PAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 22 May 2025 03:04
Last Modified: 22 May 2025 03:04
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item