ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG

KOLIS, Anggreni Juwita (2022) ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
10 COVER ANGRENI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB I ANGRENI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
13 BAB II ANGRENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
14 BAB III ANGRENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
15 BAB IV ANGRENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
16 BAB V ANGRENI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA ANGRENI.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja tenaga pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Penelitian ini dilatar belakangi Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Perusahan dalam mencapai tujuan. Di Era globalisasi setiap organisasi atau perusahan swasta maupun pemerintah, tentu memiliki tujuan baik itu jangka pendek maupun jangka Panjang yang hendak dicapai melalui aktifitas yang dilakukannya. Agar tujuan yang telah di tetapkan tercapai maka diperlukan perencanaan dan pengelolahan sumber daya manusia sebaik-baiknya. Sumber daya manusia merupakan hal terpenting yang dimiliki suatu organisai adalah di bidang sumber daya manusia( Handoko ,2003:4). Oleh karna itu, agar semua organisasi dapat mencapai kinerja yang maksimal di perlukan perlakuan yang adil dan memuaskan pada sumber daya manusia yang bekerja pada organisasi tersebut. Menurut UU no 12 tahun 2012, tentang pendidikan tinggi ,mengamatkan bahwa tata kelola dalam suatu lembaga perguruan tinggi baik negeri maupun perguruan tinggi swasta, harus menuju pada tata kelola manajemen internal perguruan tinggi yang sehat dalam rangka menuju pada penjaminan mutu internal perguruan tinggi. Tata kelola suatu lembaga perguruan tinggi dengan berbagai masalah yang menyertainya ibarat membicarakan gelombang dan buih air laut yang menghempas ke tepi pantai tanpa henti . ini berarti tidaklah berlebihan karena berbagai masalah yang dapat ditemukan didalamnnya serta banyak pula kendala yang membutuhkan pemikiran dan upaya untuk memecahkan persoalan dalam dunia pendidikan tinggi tersebut. Salah satu aspek yang terdapat dalam tata kelola sistem pendidikan adalah tenaga kependidikan. Dalam hal ini peneliti mengangkat 4 variabel yaitu komunikasi, kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja. Dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer yang diambil sampel sebanyak 84 responden. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan adalah para pegawai tenaga kependidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Dari hasil pengolahan data yang dikumpulkan tersebut diuji berdasarkan persamaan regresi linear berganda dengan uji hipotesis pertama yaitu bahwa untuk komunikasi (X1) ditemukan t hitung = 3.076 lebih besar dari t tabel = 1.989 dan tingkat sig = 0,003. Oleh karena nilai sig < 0,05 maka Ho (b1>0) diterima yaitu variable komunikasi (X1) berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja tenaga pendidik (Y). kemudian uji hipotesis kedua yaitu bahwa untuk variable kepemimpinan (X2) ditemukan t hitung = 3.669 lebih besar dari t tabel = 1.989 dan tingkat sig = 0,000. Oleh karena nilai sig > 0,05, maka Ho (b2 = 0) ditolak dan H2 (b2>0) diterima yaitu variabel kepemimpinan (X2) berpengaruh positif secara parsial terhadap terhadap kinerja tenaga pendidik (Y). Dan untuk uji hipotesis ketiga yaitu bahwa untuk variabel motivasi kerja (X3) ditemukan t hitung = 2.773 lebih besar dari t tabel = 1989, dan tingkat sig = 0,007. Oleh karena nilai sig > 0,05, maka Ho (b2 = 0) ditolak dan H2 (b2>0) diterima yaitu variabel motivasi kerja (X3) berpengaruh positif secara parsial terhadap terhadap kinerja tenaga pendidik (Y). Dan dilihat bahwa nilai F hitung sebesar 39.600 > F tabel 2,71 dengan sig = 0,000.oleh karena nilai sig<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi (X1), kepemimpinan (X2) dan motivasi kerja (X3) secara simultan memiliki pengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik (Y). sedangkan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah diketahui bahwa pengaruh komunikasi, kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dengan nilai sebesar 0,598. Penelitian ini menunjukan secara teori terbukti bahwa komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pendidikan pada UKAW Kupang. Dengan demikian semakin banyak komunikasi yang terjadi antara tenaga pendidikan maka akan semakin meningkat pula kinerja tenaga pendidikan tersebut. Penelitian ini juga menunjukan bahwa secara teori kepemimpinan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja tenaga pendidikan pada UKAW Kupang. Dengan demikian semakin baik kepemimpinan tenaga pendidikan maka dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidikan pada UKAW Kupang. Penelitian ini juga menunjukan bahwa secara teori motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja tenaga pendidikan pada UKAW Kupang. Dengan demikian semakin tinggi motivasi kerja tenaga pendidikan maka dapat meningkatkan kinerja tenaga pendidikan pada UKAW Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Tenaga Pendidikan
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:25
Last Modified: 29 Jul 2022 01:56
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item