PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PAKAIAN DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG

MOZES, Hermanus (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PAKAIAN DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pakaian pada aplikasi Shopee, khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Bauran pemasaran meliputi 3 elemen, yaitu Produk, Harga, dan Promosi, yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang menggunakan aplikasi Shopee untuk pembelian pakaian. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara langsung kepada responden yang dipilih secara acak. Hasil analisis data menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian pakaian pada aplikasi Shopee. Variabel produk, harga, dan promosi, memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini juga menemukan bahwa promosi merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian pakaian pada aplikasi Shopee. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan yang beroperasi dalam industri pakaian online, khususnya melalui aplikasi Shopee, harus memperhatikan dan meningkatkan bauran pemasaran mereka. Fokus pada pengembangan produk yang menarik, penetapan harga yang kompetitif, promosi yang efektif, dan distribusi yang cepat dan efisien dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan e-commerce, khususnya aplikasi Shopee, untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dalam meningkatkan keputusan pembelian pakaian. Selain itu, bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana, penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mereka dalam konteks e-commerce, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana saat berbelanja secara online. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (Produk, Harga, dan Promosi) terhadap keputusan pembelian pakaian. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Ekonomi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling berdasarkan tujuan dan pertimbangan peneliti yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistic SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran (Produk, Harga, dan Promosi), secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada aplikasi shopee. Besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ini ialah dengan nilai R Square 74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:29
Last Modified: 13 Jun 2024 01:29
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item