SUBU, Yulitha E. (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENUGASAN INDIVIDU DI SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
03 BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
![]() |
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
07 BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya keterbatasan model dan akses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Secara umum peserta didik kelas VII A SMP Negeri 20 Kota Kupang mengalami kendala karena materi pembelajaran ada yang memerlukan serangkaian kegiatan praktikum sederhana secara offline sehingga pembelajaran online yang digunakan yaitu pendekatan penugasan individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan sikap peserta didik dalam pembelajaran online menggunakan pendekatan penugasan individu di SMP Negeri 20 Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII A yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument non tes yang berupa angket dan dokumentasi. Kemandirian belajar mampu berkembang apabila ketika peserta didik mampu untuk menyelesaikan suatu pelajaran yang dihadapi. Semakin baik kemandirian belajar peserta didik maka semakin baik pula hasil yang di perolehnya. Prinsip yang berawal dari sikap adalah kencenderungan individu atau peserta didik untuk bertindak dengan cara tertentu. Bentuk hubungan yang terjadi antara kemandirian belajar dengan sikap peserta didik dalam pembelajaran online yaitu memiliki hubungan yang positif dengan tingkat korelasi sangat kuat. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Momen berbantuan SPSS Versi 21 diperoleh nilai Pearson Correlation 0,920 > 0,05. Hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa maka semakin baik pula tingkat kesiapan peserta didik dalam menerima pembelajaran penugasan individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Sikap Peserta Didik, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 01:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 01:02 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |