STRATEGI GURU PENJASORKES DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BOLA VOLI

LUTI, Ferdinandus (2023) STRATEGI GURU PENJASORKES DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BOLA VOLI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (604kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Latar belakang: Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Guru yang memiliki strategi penyampaian yang baik mampu menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif. Sehingga siswa aktif dalam mengikuti suasana pembelajaran. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui strategi guru penjasorkes dalam meningkatkan aspek kognitif dan psikomotor siswa melalui pembelajaran bola voli di SD GMIT Bolok Metode penelitian: Menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket/tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan menggunakan teknik tes keterampilan bola voli. Hasil dan pembahasan: Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru penjasorkes telah memenuhi kriteria yaitu 100%. Hasil pada aspek kognitif siswa melalui pembelajaran bola voli diperoleh 85,7 % berkategori Tuntas dan 14,3 % berkategori Tidak Tuntas. Hasil pada aspek psikomotor siswa melalui pembelajaran bola voli pada teknik dasar servis diperoleh 17,7 % dan teknik dasar passing diperoleh 13,4 % dengan kategori kurang. Simpulan: Kegiatan pembelajaran bola voli telah dilaksanakan sesuai kriteria, strategi guru penjasorkes dalam meningkatkan aspek kognitif 85,7 % berkategori Tuntas dan 14,3 % berkategori Tidak Tuntas dan psikomotor diperoleh tidak ada yang berkategori Baik dan Buruk, 66,67 % yang berkategori cukup serta 33,33 % yang berkategori Kurang pada siswa melalui pembelajaran bola voli di SD GMIT Bolok. Guru yang memiliki strategi penyampaian yang baik mampu menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif. Sehingga siswa aktif dalam mengikuti suasana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, kognitif dan psikomotor, pembelajaran bola voli
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:32
Last Modified: 24 Jan 2024 01:32
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item