PERAN GURU PJOK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD GMIT OESAPA

BELL, Idewen (2023) PERAN GURU PJOK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD GMIT OESAPA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (277kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Latar belakang: Berdasarkan latar belakang masalah, pendidikan karakter merupakan proses kegiatan yang mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan budi harmoni yang selalu mengajarkan, membimbing, dan membina setia manusia untuk memiliki kompetensi intelektual karakter, dan ketrampilan menarik dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami bentuk peranan guru penjas dalam membentuk karakter, mengidentifikasi mengenai keaktifan dan kepedulian guru terhadap pembentukan karakter peserta didiknya. Metode penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan siswa SD GMIT Oesapa. Hasil dan pembahasan: Hasil menunjukkan bahwa peran guru penjas dalam membentuk karakter peserta didiknya sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran. Hal tersebut memberi manfaat positif bagi lingkungan sekolah di SD GMIT Oesapa, sehingga dapat terciptanya peserta didik yang berkarakter. Simpulan: SD GMIT OESAPA berhasil menanamkan karakter peserta didik melalui berbagai program. Program senyum sapa salam yang dipelopori oleh guru penjas menjadi langkah awal penanaman karakter sopan santun . Program tersebut merupakan program yang dilaksanakan oleh guru penjas sebagai usaha penanaman pendidikan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PJOK, Pembentukan Karakter Siswa, SD GMIT Oesapa.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:42
Last Modified: 24 Jan 2024 02:42
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item