STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN INDUSTRI TENUN IKAT OLI MILA DI KABUPATEN SUMBA TENGAH

HALANG, Arsen U. Kanoru (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN INDUSTRI TENUN IKAT OLI MILA DI KABUPATEN SUMBA TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan rangkaian kegiatan perekonomian yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Berbeda dengan karakteristik industri pada umumnya, ekonomi kreatif termasuk dalam kategori kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses perwujudan suatu ide atau gagasan menjadi suatu kekayaan intelektual yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi kesejahteraan dan lapangan pekerjaan masyarakat serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.. Ekonomi kreatif menjadikan sumber daya manusia (SDM) sebagai modal utama dalam sebuah pengembangan yang berawal dari gagasan, ide dan pemikiran. Kedepannya, diharapkan SDM ini mampu menjadikan barang yang bernilai rendah menjadi barang yang bernilai tinggi dan berdaya jual. Berdasarkan dari empat alternative strategi yang ada maka yang paling efektif untuk tetap melakukan peningkatan pemasaran oleh pelaku kelompk tenun ikat kabupaten Sumba Tengah adalah strategi SO yang dimana strategi tersebut dapat memanfaatkan kekuatan (strength) dan untuk memaksimalkan peluang (opportunity) yang ada pada perusahaan. Dengan mempertimbangkan kekuatan yang dimiliki olehpengrajin tenun ikat oli mila kabupaten Sumba Tengah. Berdasarkan analisi SWOT yang dapat dilakukan oleh pengrajin industri tenun ikut oli mila di Kabupaten Sumba Tengah yaitu perusahan yang memiliki kekuatan (Strength) dan yang dilakukan dalam strategi dapat memanfaatkan peluang (Opportunity) yang ada dan semaksimal mungkin, disamping itu dapat pula menimalkan kelemahan (weakness) dan bisa juga melawan ancaman (Threats) yang dihadapi oleh pelaku pengrajin tenun ikat oli mila . Maka dari itu diputuskan untuk memilih strategi yang terbaik adalah strategi SO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:11
Last Modified: 23 Nov 2023 02:11
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item