PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI RAIMANUK KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU TAHUN AJARAN 2021/2022

SERAN, Maria S. Mega (2022) PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI RAIMANUK KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pembelajaran sebelum masa pandemi covid -19 yaitu pembelajaran secara langsung di dalam kelas guru menggunakan media pembelajaran berupa buku yang medukung siswa serta memmbantu siswa dalam proses pembelajaran dengan demikian guru tidak sulit untuk mengontorol siswa serta mengetahui siswa yang tekun belajar dan siswa yang kurang tekun belajar. Namun pembelajaran sesudah adanya pandemi pembelajaran yang terjadi dilaksanakan secara online dengan media handphone dengan mengakses internet sebagai sumber untuk belajar hal tersebut membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar karena keterbatsan media yang digunakan untuk belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan media pembelajaran sebelum dan selama pandemi terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri Raimanuk. Penelitian ini bersifat kuantitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi dan angket analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dengan bantuan spss 16 dengan uji hipotesis dengan menggunakan ujit. Media merupakan salah satu faktor yang mendukung motivasi belajar siswa karena dengan media mampu merangsang siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam diri maupun dari luar diri sesorang untuk belajar sehingga mampu mecapai tujuan belajar yang baik Berdasarakan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan spss yanitu diperoleh nilai thitung 2.034 dan nilai ttabel 1.735 dengan df=n-k dan α=0,05 diperoleh nilai ttabel 1.753 dengan demikian diperoleh nilai thitung 2.034>1.753 maka ada pengaruh yang singnifikan media pembelajaran sebelum dan selama pandemi terhadap motivasi belajar siswa maka hipotesis yang di ajukan ha di terima dan ho di tolak karena ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulan Dari hasil penelitian dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa karena keterbatsan media pembelajaran yang dimilki oleh siswa, kurang serta keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menimbulkankan kurangnya motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Sebelum dan selama pandemi covid-19, motivasi belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:00
Last Modified: 14 Mar 2023 01:00
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item