LAK, Sandro Tofin (2019) TINJAUAN TENTANG MODIFIKASI PERMAINAN BOLA KASTI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD INPRES LASIANA KOTA KUPANG KECAMATAN KELAPA LIMA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
a. Cover dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
c. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
d. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
e. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
f. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
g. Bab V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
h. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah belum tercapainya hasil belajar siswa dalam permainan bola kasti karena siswa kurang memahami terhadap model pembelajaran, belum adanya modifikasi alat, dan siswa belum menguasai teknik bermain kasti sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran bola kasti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan modifikasi permainan bola kasti dalam pembelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD INPRES Lasiana Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bola kasti dengan penerapan modifikasi permainan pada siswa kelas V SD INPRES Lasiana Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang yang terdiri dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD INPRES Lasiana Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019, sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar pada permainan bola kasti dengan penerapan modifikasi permainan.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan modifikasi permainan bola kasti dalam pembelajaran penjasorkes pada siklus pertama jumlah siswa 21 siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase sebesar 61,90%. Pada siklus kedua jumlah siswa 21 siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase sebesar 80,95% dan mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 19,05%. Simpulan dari penelitian ini yaitu dengan penerapan modifikasi permainan bola kasti dalam pembelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar bola kasti pada siswa kelas V SD INPRES Lasiana. Saran yang dapat diajukan adalah 1) Guru penjasorkes kelas V hendaknya mempertimbangkan model pembelajaran bola kasti dengan penerapan modifikasi pada siswa. 2) Guru hendaknya mengadakan latihan-latihan yang cukup dan dapat mengembangkan permainan sesuai dengan materi yang diajarkan. 3) Siswa senantiasa rajin mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan jangan takut bermain kasti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, bola kasti, modifikasi permainan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:26 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:26 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |