PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SD GMIT KOKAR

SAKA, Julensius (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SD GMIT KOKAR. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Latar belakang Masalah: Permainan bola voli merupakan cabang olahraga permainan yang begitu populer di masyarakat, sehingga sangat diminati pula oleh anak-anak sekolah dalam pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah. Model pembelajaran atau gaya mengajar kooperatif adalah model pembelajaran yang didalammya mengkondisikan para siswa bekerja Bersama-sama di dalam kelompok-kelompok kecil untuk membantu satu sama lain dalam belajar Tujuan penelitian: untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dengan metode drill pada siswa kelas V SD Gmit Kokar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor Metode Penelitian: Penelitian ini yang menggunakan metode PTK yang tercapai dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan data presentasi hasil belajar siswa. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian pelaksanaantindakanberupapembelajaran passing bawah permainan bola voli pada siswa SD GMIT Kokar, Berdasarkangambar di atas, diketahuipersentasesiswa SD GMIT Kokaryang tidak tuntas (nilaiakhirtes 75 pada siklus 1mencapai 25%) selanjutnya persentase tersebut mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus 2. Hal ini menjelaskan bahwa persentase siswa SD GMIT Kokar semakin meningkat setelah siswa di ajar ulang kali dan diberi kesempatan untuk melakukan gerakan tersebut secara berulangkali selama dua siklus. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin meningkatnya persentase siswa yang tuntas dengan nilai akhir mencapai KKM Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat ditemukan kesimpulan Permainan bola voli teknik dasar passing bawah siswameningkat di lihat dari presentase mencapai 87,95% pada siklus II, Siswa merasa senang dan bergerak bebas dalam mengikuti pembelajaran passing bawah permainan bola voli. Guru sudah mampu menerapkan permainan bola voli pada siswa dalam meningkatkan pembelajaran passing bawah dalam pendidikan jasmani diSD GMIT Kokar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Passing Bawah, Permainan Bola Voli, Metode Drill
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:15
Last Modified: 17 Dec 2025 03:15
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item View Item