UPAYA PENINGKATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA DINDING PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA SISWA KELAS V SD NEGERI NAIKOTEN 1

TAEK, Vinsensius Ervanalis (2025) UPAYA PENINGKATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA DINDING PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA SISWA KELAS V SD NEGERI NAIKOTEN 1. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Latar belakang: Upaya Peningkatan Passing Kaki bagian dalam menggunakan media dinding pada pembelajaran sepak bola kelas V SD Negeri Naikoten 1 Media pembelajaran merupakan wahana dan penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada siswa. Dengan adanya media diharapkan membantu dalam proses pembelajaran siswa melalui penggunaan media dinding, siswa diharapkan lebih mudah mengembangkan teknik dasar passing dalam permainan sepak bola. Tujuan penelitian: Tujuan Dari Penelitian ini Adalah untuk mengetahui Perbedaan Signifikan antara Kemampuan Passing Kaki bagian dalam Siswa kelas V SD Negeri Naikoten 1 sebelum dan setelah menggunakan media dinding. Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengelola, menganalisa, menyimpulkan dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil penelitian diketahui jumlah siswa yang mengikuti tes teknik dasar mengoperbola menggunakan kaki bagian dalam melalui passing media dindingpadasiklus 1 sebanyak 33 orang siswa. Dari jumlah tersebut sebanyak 2 siswa dengan presentase (6%) memiliki kemampuan melakukan gerakan mengoper kaki bagian dalam yang “sangat baik”, sedangkan 6 siswa dengan presentase (18%) memiliki hasil belajar mengoperkaki bagian dalamyang “baik”. Sementara itu sebanyak 5 siswa dengan presentase (15%) memiliki hasil belajar mengoperkaki bagian dalamyang “cukup”, 16 siswa dengan presentase (49%) memiliki hasil belajar mengoperkaki bagian dalamyang “kurang”, serta 4 siswa dengan presentase (12%) memiliki hasil belajar mengoperkaki bagian dalamyang “sangat kurang”. Dari tabel di atas, diketahui jumlah siswa yang tuntas atau memperoleh nilai akhir melakukan Teknik dasar mengoperkaki bagian dalam> 75 pada siklus 1 sebanyak 8 siswa dengan presentase (24%), dan 25 siswa dengan presentase (76%) Tidak Tuntas atau < 75. Simpulan: Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah melalui permainan passing melalui media dinding dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola teknik dasar mengoper kaki bagian dalam pada siswa Kelas V SD Negeri Naikoten 1. Rata-rata siklus I adalah 46,87 sedangkan rata-rata siklus II adalah 71,60. Persentase kelulusan siklus I adalah 24% sedangkan siklus II meningkat menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan Passing; hasil belajar; media dinding.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 16 Dec 2025 05:38
Last Modified: 16 Dec 2025 05:38
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item