PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD GMIT KUANINO 1

NAHAK, Martinus (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD GMIT KUANINO 1. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER,PERSETUJUAN,PENGESAHAN DLL.pdf

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRAK-2.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (89kB)

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi peneliti pada siswa kelas V SD GMIT Kuanino 1, ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan adalah sebagai berikut (1) kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran penjaskes dengan materi sepak bola teknik dasar menggiring bola, (2) banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam pelajaran menggiring bola. Tujuan Penelitian: ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggiring pada siswa kelas V SD GMIT Kuanino 1 melalui permainan menggiring zig- zag. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah. (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Langkah pertama, kedua dan seterusnya sistem spiral yang saling terkait perlu diperhatikan oleh peneliti. Komponen tindakan dan observasi menjadi satu komponen karena kedua kegiatan ini dilakukan secara simultan. Hasil penelitian Berdasarkan hasil observasi, hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggiring dalam permainanan sepak bola pada siswa kelas V SD GMIT Kuanino 1 selama dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 8 siswa, dan pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 3 (33%) siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 8 (100%) siswa yang mampu mencapai nilai KKM 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan melalui permainan menggiring zig-zag tersebut sudah mencapai 100% siswa yang tuntas dalam belajar. Simpulan: Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan menggiring zig-zag dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD GMIT Kuanino 1 tahun ajaran 2024/2025 dari siklus I ke sikls II meningkat 67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menggiring, menggiring zig zag dalam permainan sepak bola
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 11 Dec 2025 06:23
Last Modified: 11 Dec 2025 06:23
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5749

Actions (login required)

View Item View Item