PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI KOTA KUPANG

REINNATI, Ony Yulianus (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (823kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyrakat di Kota Kupang yang menggunakan sepeda motor honda beat. Kemudian karna populasi tidak diketahui, maka penentuan sampel memnggunakan rumus rao purba menghasilkan 96 orang jumlah responden masyarakat di Kota Kupang yang menggunakan sepeda motor honda beat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melaui googleform. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji parsial (uji t), Uji simultan(Uji F), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel keputusan pembelian diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 77,9 – 83,4. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 403,2 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel keputusan pembelian yaitu sebesar 80,64 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel kualitas produk, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 72,8 – 82,3. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 621,3 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel kualitas produk yaitu sebesar 77,66 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel citra merek, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 74,8 – 81,6. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 540,5 dan nilai rata-rata indeks 77,21 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= 3,807 + 0,301 X1 + 0,327 X2. Diketahui konstan regresi sebesar 3,807, kofisien regresi b1= 0,301, dan koefisien regresi b2= 0,327. Nilai konstan sebesar 3,807 artinya jika nilai kualitas produk (X1), dan citra merek (X2) sama dengan nol, maka keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 3,807 satuan. Koefesien regresi (b1) sebesar 0,301 artinya jika nilai kualitas produk (X1) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,301 satuan. Koefisien regresi bernilai positif artinya terdapat pengaruh positif dari kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefesien regresi (b2) sebesar 0,327 artinya jika citra merek (X2) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,327 satuan. Koefisien regresi bernilai positif, artinya terdapat pengaruh positif dari citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Implikasi Terapan: Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa masukan sebagai berikut. Dengan diketahui bahwa variabel citra merek dalam keputusan pembelian sepeda motor honda beat itu berada dalam kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator citra merek mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Karna dengan adanya citra merek yang baik, konsumen akan lebih memprcayai keunggulan dan kualitas dari produk tersbut. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar meneliti lebih jauh lagi tentang indikator citra merek, hal ini dikarenakan rata-rata indeks pada variabel citra merek masih dalam kategori tinngi namun indeks rata-ratanya masih berada di bawah variabel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di Kota Kupang, secara parsial citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di Kota Kupang, dan secara simultan kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk,Citra Merek, Keputusan Pembelian.
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 10 Jun 2025 00:15
Last Modified: 10 Jun 2025 00:15
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item