PITAY, Ratu Matida (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA KUPANG (KECAMATAN KELAPA LIMA). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
Abstract
Perekonomian di Kota Kupang mendorong pemerintah membangun struktur ekonomi dengan mempertimbangkan keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Usaha mikro kecil menengah, memegang peranan penting sebagai sektor yang potensial dan penjaga stabilitas perekonomian secara umum, mengingat usaha kecildan menengah mempunyai keterlibatan yang sangat tinggi terhadap angkatan kerja dan peningkatkan kesejahteraan rakyat. UMKM dikenal sebagai akronim dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Namun, jika dituntut dari definisi dan sudut pandang yang berbeda, UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh individu maupun maupun kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Kelapa Lima. Teknik pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian ini bersumber dari data primer. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitumetode kuantitatif dengan cara menyebarkan kosioner atau angket secara langsung pada para pemilik UMKM Bebasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Kelapa Lima. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Kelapa Lima yang memiliki Usaha Kecil dan Menengah berbasis Ekonomi Kreatif, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 30 Usaha Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: H1 minat berwirausaha secara signifikan 0,000<0,05 dan nilai -9,701>1.70562, maka dapat disimpulkan bahwa H_1 ditolak atau variabel minat berwirausaha secara persial berpengaruh negatif terhadapa keberhasialan usaha. 〖(H〗_2) Jaringan usaha secara signifikan 0,000 > 0,05 dan nilai t_hitung sebesar 7,017 > 1.70562, maka dapat di simpulkan bahwa H_2 diterima atau secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. (H_3) Merek secara signifikan 0,005 < 0,05 dan nilai t_hitung sebesar 3,104 > 1.70562, maka dapat disimpulkan bahwa H_3 diterima atau secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.( H_4) Promosi secara signifikan 0,047 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H_4 dapat diterima atau secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM Bebasis Ekonomi Kreatif, Minat Berwirausaha, Jaringan, Merek, Promosi, Keberhasilan Usaha |
Subjects: | Economic > Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:11 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:11 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |