ANALISIS PENGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD GMIT NO. 7 OEBUFU

ADU, Yafret Rudihen (2024) ANALISIS PENGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD GMIT NO. 7 OEBUFU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Latar belakang: Masalah yang penulis jumpai pada pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu tidak maksimal karena pelaksanaan penilaian pun hanya sebatas melihat hasil akhir dari materi yang diujikan. Misalnya materi lari jarak pendek maka yang mendapat nilai terbaik adalah yang tercepat. Tujuan penelitian: Kegiatan penelitian ini memilikiki tujuan yang hendak di capai adalah untuk menganalisis pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Hasil dan pembahasan: Hasil dan penelitian ini menunjukan bahwa pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu kurang efektif. Karena Penggunaan satu lembar penilaian untuk setiap siswa menyebabkan proses penilaian menjadi sangat memakan waktu dalam menilai siswa dalam satu kelas relatife banyak dan sistem skor hanya memberikan dua pilihan (lulus atau gagal) tidak memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan siswa. Hal ini dapat menurunkan motivasi belajar siswa yang hampir mencapai target, padahal mereka hanya membutuhkan sedikit dukungan tambahan. Simpulan: Guru harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat apakah sudah efektif atau perlu dilakukan perbaikan. dengan instrumen yang efektif guru dapat memperoleh informasi yang lebih akurat tentang perkembangan siswa dan guru dapat memberikan umpan balik yang lebih tepat sasaran sehingga siswa merasa termotivasi untuk meningkatkan performanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengunaan Instrumen Penilaian Performa Pada Pembelajaran PJOK.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 May 2025 05:45
Last Modified: 19 May 2025 05:45
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item