ADU, Yafret Rudihen (2024) ANALISIS PENGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD GMIT NO. 7 OEBUFU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (979kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Latar belakang: Masalah yang penulis jumpai pada pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu tidak maksimal karena pelaksanaan penilaian pun hanya sebatas melihat hasil akhir dari materi yang diujikan. Misalnya materi lari jarak pendek maka yang mendapat nilai terbaik adalah yang tercepat. Tujuan penelitian: Kegiatan penelitian ini memilikiki tujuan yang hendak di capai adalah untuk menganalisis pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Hasil dan pembahasan: Hasil dan penelitian ini menunjukan bahwa pengunaan instrumen penilaian performa pada pembelajaran PJOK di SD GMIT No. 7 Oebufu kurang efektif. Karena Penggunaan satu lembar penilaian untuk setiap siswa menyebabkan proses penilaian menjadi sangat memakan waktu dalam menilai siswa dalam satu kelas relatife banyak dan sistem skor hanya memberikan dua pilihan (lulus atau gagal) tidak memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan siswa. Hal ini dapat menurunkan motivasi belajar siswa yang hampir mencapai target, padahal mereka hanya membutuhkan sedikit dukungan tambahan. Simpulan: Guru harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat apakah sudah efektif atau perlu dilakukan perbaikan. dengan instrumen yang efektif guru dapat memperoleh informasi yang lebih akurat tentang perkembangan siswa dan guru dapat memberikan umpan balik yang lebih tepat sasaran sehingga siswa merasa termotivasi untuk meningkatkan performanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Pengunaan Instrumen Penilaian Performa Pada Pembelajaran PJOK. |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ms Sarce Henukh |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:45 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:45 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |