UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KELAS V

SERI, Novensius (2024) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KELAS V. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

Latar belakang: Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas V SD GMIT Airnona 1 Kupang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar penjasorkes dengan materi passing bawah bola voli, (2) banyak siswa melakukan kesalahan pada saat melakukan teknik passing bawah. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut IGAK Wardhani (2008:1.4), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil observasi, hasil penelitian, dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V selama dua siklus dapat meningkatkan kemampuan siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 15 siswa pada kondisi awal siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 5 (33%) siswa; kemudian pada siklus II meningkat menjadi 12 (80%) siswa yang mampu mencapai nilai KKM 75 bahkan lebih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan passing bawah bola voli tersebut sudah mencapai lebih dari 80% siswa yang tuntas dalam belajar. Simpulan: Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V sangat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, passing bawah, bola voli.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 19 May 2025 05:07
Last Modified: 19 May 2025 05:07
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item