PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI PADA SMP NEGERI 10 KOTA KUPANG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN MENYUSUN MODUL AJAR TAHUN AJARAN 2024/2025

MAKANLEHI, Selfiana (2025) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI PADA SMP NEGERI 10 KOTA KUPANG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN MENYUSUN MODUL AJAR TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan dalam pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pembelajaran bertujuan untuk mengidentifiskasi persepsi guru pendidikan agama kristen dan budi pekerti pada SMP Negeri 10 Kota Kupang dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar melalui pengembangan modul ajar. Metode yang dipakai ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan wawancara serta pengamatan dengan menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap kurikulum merdeka belajar, namun menghadapi kesulitan dalam pengembangan modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum. Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar juga diidentifikasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan modul ajar yang efektif dan strategis pelatihan guru.Kesimpulan, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru masih belum sepenuhnya memahami mengenai kurikulum merdeka seperti pembuatan modul, bentuk penilaian, sehinggadiperlukanpelatihanterkaitkurikulummerdeka baik dari pembuatan modul ajar, persiapan materi, metode, media serta evaluasi yang dipakai dalam pembelajaran sehingga maksud dari pembelajaran bias tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Kristen, Modul Ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 21 May 2025 05:44
Last Modified: 21 May 2025 05:44
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item