PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 20 KUPANG TAHUN AJARAN 2024/2025

ULLY, Yuliana Apriani Rabu (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 20 KUPANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
03 BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
07 BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agam Kristen Siswa Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 20 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII E berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan penerapan model pembelajaran belum maksimal dan masih pada kategori cukup, hasil belajar siswa juga masih 33,33% yang belum mencapai standar KKM. Dilanjutkan dengan hasil penelitian pada siklus II yang mengalami perubahan dari penerapan model pembelajaran CTL yang mencapai kategori baik (B) dan hasil belajar siswa yang meningkan menjadi 94,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berhasil dilaksanakan karena dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 22 May 2025 05:02
Last Modified: 22 May 2025 05:02
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5098

Actions (login required)

View Item View Item