PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD GMIT RAENALULU KECAMATAN SABU BARAT KABUPATEN SABU RAIJUA TAHUN AJARAN 2023/2024

BUNGHA TEDJU, Ratna Kusmiyanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD GMIT RAENALULU KECAMATAN SABU BARAT KABUPATEN SABU RAIJUA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model penbelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD GMIT Raenalulu. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model penbelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD GMIT Raenalulu Kecamatan Sabu Barat Kabupaten Sabu Raijua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen dengan pendekatan kuantitatif, Responden penelitian siswa kelas VI berjumlah 28 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal siswa, kemudian memberikan treatment menggunakan model Contextual Teaching and Learning sambil mengamati siswa dan terakhir memberikan post-test untuk mngetahui pemahaman terakhir siswa setalah melakukan teatment. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired sampel t-test) dengan bantuan SPSS 16. Adapun hasil penelitian dalam menganalisis data, peneliti menganalisis hipotesis pre-test dan post-test untuk mengetahui apakah model Contextual Teaching and Learning berpengaruh signifikan terhadap pembentukan sikap spiritual siswa atau tidak. Analisis peneliti dengan melakukan t-test menggunakan Paired sample t-test dengan level signifikan sebesar 5% (0,05), maka kriterianya adalah t hitung ˃ t tabel. Perhitungan menunjukkan bahwa t hitung mendapat 12.913 dan t tabel adalah 1.703. Berdasarkan kriteria perhitungannya, berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pembentukan sikap spiritual siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar (Siswa)
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:34
Last Modified: 20 Nov 2024 02:34
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item