LAMAMERE, Marselina Somi Sogan (2024) PENGARUH KREATIVITAS, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM KULINER DIKELURAHAN OESAPA. Undergraduate thesis, Uninversitas Kristen Arta Wacana.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Pada dasarnya keberhasilan usaha merupakan suatu keberhasilan bisnis yang mencapai tujuannya. Keberhasilan dari suatu usaha dalam mencapai tujuannya dapat dicapai oleh wirausaha yang cerdas, kreatif, serta mengikuti perkembangan teknologi. Kusuma dan Soelaiman (2019) menyatakan bahwa keberhasilan usaha merupakan keberhasilan dari bisnis yang mencapai tujuannya, suatu bisnis dikatakan berhasil bila mendapatkan laba, karena laba adalah tujuan dari seseorang melakukan bisnis. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha adalah kreativitas. Kreativitas sendiri adalah kapasistas untuk terciptanya pemikiraan baru dan pendekatan yang lebih baik untuk menyelidiki masalah dan peluang bisnis serta pemanfaatannya guna mencapai keberhasilan usaha. Supriadi (2017) menyatakan kreativitas adalah kecakapan individu untuk menciptakan penemuan baru yang dapat berbentuk ide maupun ciptaan nyata yang terbaru tidak mirip dengan yang banyak beredar umum. Selain itu ada pun faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan usaha yaitu pengetahuan kewirausahaan. Pengetahuan akan menjadi wawasan untuk wirausahawan dalam membangun usahanya. Menurut Merline dan Widjaja (2022) menyatakan pengetahuan kewirausahaan adalah informasi yang berupa pemahaman tentang bagaimana cara berwirausaha untuk menumbuhkan ide-ide, berani mengambil peluang dan resiko secara rasional dan logis dalam membuka usaha untuk menuju sukses. Dan ada pun faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan usaha adalah media sosial. Ardiansah dan Maharani (2021:22) menyatakan bahwa media sosial merupakan sebuah sarana atau wadah yang digunakan untuk mempermudah interaksi diantara sesama pengguna dan mempunyai sifat komunikasi dua arah, media sosial juga sering digunakan untuk membangun citra diri atau profil seseorang dan juga dapat di manfaatkan oleh perusahaan sebagai media pemasaran. Media sosial seperti Instagram dan Whatsapp dengan fitur Instagram ads maupun Whatsapp Business, dapat mempermudah kegiatan komunikasi antara, penjual dan calon konsumen, baik dalam proses promosi, pengenalan atau informasi produk, hingga proses transaksi. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti akan membahas mengenai kreativitas, pengetahuan kewirausaahan dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner dikelurahan Oesapa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus Slovin. Dari perhitungan tersebut diperoleh sampel sebanyak 90 pelaku UMKM kuliner dari 916 pelaku usaha mikro kecil yang ada dikelurahan Oesapa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kreativitas, pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap keberhasilan usaha, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji T), Uji Simultan (Uji F) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa secara parsial kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner dikelurahan Oesapa. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kberhasilan usaha pada UMKM kuliner dikelurahan Oesapa dan media sosial secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner dikelurahan Oesapa. Sedangkan secara simultan kreativitas, pengetahuan kewirausahaan dan media sosial berpengaruh secara bersama-sama terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner dikelurahan Oesapa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil pengujian, didapati hasil analisis regresi linear berganda dengan nilai konstanta a sebesar 18,814 sedangkan koefisien regresi (b1) sebesar 0,289, koefisien regresi (b2) sebesar 0,386 dan koefisien regresi (b3) sebesar 0,089. Dengan demikian persamaan regresi linier berganda yang memperlihatkan pengaruh kreativitas (X1), pengetahuan kewirausahaan (X2) dan media sosial (X3) terhadap keberhasilan usaha (Y) adalah sebagai berikut: Y = 18,814 + 0,289X1 + 0,386X2 + 0,089X3 + e. Selain itu, hasil uji hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh kreativitas (X1) terhadap keberhasilan usaha (Y). Dimana variabel kreativitas (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 5,926 lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 1,663 dan t signifikan = 0,020. Oleh karena nilai sig < 0,05 maka Ha (b1 ≠ 0) diterima dan H0 (b1 = 0) ditolak artinya bahwa kreativitas (X1) berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y). Dan hasil uji hipotesis yang kedua yaitu terdapat pengaruh pengetahuan kewirauusahaan (X2) terhadap keberhasilan usaha (Y). Dimana variabel pengetahuan kewirausahaan (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 4,030 lebih besar dari nilai t tabel yang memiliki nilai sebesar 1,663 dan t signifikan = 0,000. Oleh karena itu nilai sig < 0,05 maka Ha (b2 ≠ 0) diterima dan H0 (b2 = 0) ditolak artinya bahwa secara parsial pengetahuan kewirausahaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y). Serta hasil uji hipotesis yang ketiga yaitu tidak terdapat pengaruh media sosial (X3) terhadap keberhasilan usaha (Y). Dimana variabel media sosial (X3) memiliki nilai t hitung sebesar 1,294 kurang dari nilai t tabel yang memiliki nilai sebesar 1,663 dan t signifikan = 0,199. Oleh karena itu nilai sig < 0,05 maka Ha (b3 ≠ 0) ditolak dan H0 (b3 = 0) diterima artinya bahwa secara parsial media sosial (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha(Y). Untuk hasil Uji F didapati nilai F hitung = 23,756 lebih dari nilai F tabel yang memiliki nilai sebesar 2,71 dan nilai tingkat signifikan sebesar 0,000. Oleh karena itu nilai sig < 0,05 maka Ha (b1 ≠ 0) diterima dan H0 (b1 = 0) artinya bahwa secara bersama-sama atau secara simultan kreativitas (X1), pengetahuan kewirausahaan (X2) dan media sosial (X3) berpengaruh bersama-sama terhadap keberhasilan usaha (Y). Dan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,453 atau 45,3%. Hal ini menggambarkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas, pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap keberhasilan usaha sebesar 45,3%. Sedangkan, pengaruh sebesar 54,7% lainnya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Keberhasilan usaha |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 04:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:27 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |