PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PENERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA KUPANG

LENAKAHO, Seprianus (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PENERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf

Download (381kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan transformasional dan penerapan akuntansi sektor publik berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Kupang. Gaya kepemimpinan transformasional adalah hubungan dimana satu orang yakni pemimpin mempengaruhi pihak lain untuk bekerja sama secara sukarela dalam usaha mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan untuk mencapau hal yang diinginkan oleh pemeimpin tersebut ( Anorraga, 2011). Penerapan akuntansi sektor publik adalah mekanisme teknik dan Analisa akuntansi di Lembaga-lembaga tinggi negara dan departemen – departemen dibawahnya pemerintah daerah, BUMN, BUMD, LSM dan Yayasan sosial, maupun proyek – proyek Kerjasama sektor public dan swasta (Bastian 2014). Kinerja pegawai adalah tingkatan pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu. Simanjuntak juga mengartikan kinerja individu sebagai tingkat pencapaian hasil kerja seseorang dari sasaran yang harus dicapai atau tugas yag harus dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. ( Simanjuntak 2015). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalahh seluruh pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Kupang yang sebanyak 100 orang. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling karena tidak semua sampel memiliki kriteria yang sesuai dengan fenomena yang sedang diteliti. Objek yang digunakan adalah pegawai yang bekerja di Kantor Pertanahan Kota Kupang pada bagian analisis keuangan, petugas ukur, pengelolaan informasi pertanhan dan analisis hukum pertanahan. Dalam menentukan kriteria didasari alasan objek tersebut merupakan responden yang dianggap sanggup untuk menggambarakan keseluruhan kinerja di Kantor Pertanahan Kota Kupang yang berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada pegawai pada bagian analisis keuangan, petugas ukur, pengelolaan informasi pertanahan, dan analisis hukum, pada Kantor Pertanahan Kota Kupang diantar langsung oleh peneliti dan kemudian diberi waktu selama 2 minggu untuk mengisi kuesioner tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk dapat mengetahui pengaruh antara variabel X1 dan variabel X2 (Independen), terhadap variabel Y (dependen) dan dibantu dengan alat uji statistik yaitu program SPSS versi 22 dan Ms.Exel 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerj pegawai dengan melihat taraf sig. sebesar 0,000 < 0,005 dan pada nilai t-hitung > t-tabel sebesar 5.438 > 2,022. Sedangankan hasil penelitian penerapan akuntansi sektor publik berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan melihat nilai taraf sig. sebesar 0,044 < 0,005 dan pada nilai t-hitung > t-tabel sebesar 2,081 > 2,022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Penerapan Akuntansi Sektor Publik, Dan Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kota Kupang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Economic > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:55
Last Modified: 10 Jun 2024 03:55
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item