LASSA, Sarlina (2023) IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN LARI ESTAFET UNTUK SISWA KELAS V SD INPRES NIFUBOKO. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas V SD Inpres Nifuboko ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar penjasorkes untuk materi lari estafet, (2) metode pembelajaran yang diterapkan guru masih kurang efektif untuk memotivasi siswa, (3) rendahnya siswa dalam melakukan pembelajaran lari est afet menggunakan metode time games tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran lari estafet untuk Siswa Kelas V di SD Inpes Nifuboko. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil penelitian tentang Pembelajaran lari estafet menggunakan metode time games tournament seperti yang dikemukan oleh guru penjasorkes bahwa dalam proses pembelajaran guru melakukan refleksi, benahi dan mempunyai rencana supaya peserta didik aktif dalam pembelajaran, agar kelas tetap kondusif saat pembelajaran berlangsung, guru juga harus tegas dalam pembinaan pada saat mengajar. Jika peserta didik kesulitan dalam pembelajaran lari estafet, maka tugas guru adalah membimbing, memberi motivasi dan memberi dorongan. Apabi la pada awal pembelajaran siswa tidak dapat melakukan cara memberikan dan menerima tongkat estafet dengan baik maka harus dilakukan gerakan atau praktek secara berulang-ulang kali sehingga mereka paham dan mengerti dalam melakukan praktek lari estafet menggunakan metode time games tournament. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lari estafet menggunakan metode time games tournament di SD Inpres Nifuboko berlangsung dengan baik dan siswa menjadi aktif dan kreatif. Peneliti menyimpulkan bahwa Data hasil pembelajaran lari estafet menggunakan metode time games tournament selalu mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar juga telah memenuhi target yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran lari etafet menggunakan meode teams games tournament. |
Subjects: | L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:07 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:07 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |