PENERAPAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI KUANINO 3 Kota Kupang

RATO DOKO, Yosua (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI KUANINO 3 Kota Kupang. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, penerapan pembelajaran ramah anak dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas III untuk menjamin dan memenuhi hak-hak anak dan perlindungan anak dalam aspek kehidupan dengan terencana dan bertanggung jawab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran ramah anak dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Sampel pada penelitian ini adalah kepela sekolah, guru penjas, dan tiga orang siswa kelas III di SD Inpres Kuanino 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran ramah anak dalam pembelajaran penjas sudah di terapkan pada siswa kelas III, namun kadang karena karakter siswa yang berbeda-beda sehingga terkadang guru masih menegur siwa dengan nada yang keras dan sampai member i hukuman pada siswa. Dalam mengikuti proses pembelajaran penjas ada siswa yang nakal dan tidak mendengarkan arahan dari gurunya sehingga guru terpaksa harus menegur siswa dengan nada yang keras dan harapannya guru harus mampu menghadapi setiap karakter siswa agar penerapan ramah anak dapat terlaksana dengan baik agar proses pembelajaran berjalan seterusnya sesuai dengan peratuaran yang ada. Dalam mengikuti pembelajaran siswa kadang masih merasah takut karena guru masih menegur siswa dengan nada yang keras dan member hukuman pada siswa sehingga penerapan ramah anak sudah diterapkan namun karena karakter siswa yang membuat guru memberikan teguran dengan nada yang keras, harapannya agar guru mampu menghadapi setiap karakter siswa –siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ramah anak, pendidikan jasmani
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 18 Jan 2024 05:05
Last Modified: 18 Jan 2024 05:05
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item