NAUTANI, Marthino Vicente (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) CIRI KHAS NUSA TENGGARA TIMUR (NTT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWASMA NEGERI 4 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
3 BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Handout Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Ciri Khas Nusa Tenggara Timur (NTT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasioanal, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X yang berjumblah 216 orang siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 62 orang siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas X IPA5 (kelas kontrol) dan 33 siswa kelas X IPA6 (kelas eksperimen). Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial berbantuan spss versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran handout tumbuhan lumut (bryophyta) terhadap motivasi belajar siswa. Karena berdasarkan hasil analisis data pada perhitungan Independent Samples Test diperoleh nilai fhitung > nilai ttabel (3,255 > = 0,224) dan nilai Sig 2-tailed < nilai signifikasi (0,002 < 0,05). Dilihat dari pengaruh penggunaan media handout terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan aspek dan indikator maka indikator yang memberikan sumbangan terbesar dalam mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa adalah indikator ke-6 (dapat mempertahankan pendapat). Hal ini dikarenakan media pembelajaran handout memiliki berbagai kelebihan sehingga dapat mengingkatkan motivasi siswa agar mampu mempertahankan pendapatnya dalam mengikuti proses pembelajaran. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki media handout diantaranya materi pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa, mudah untuk dibawa kemana saja, mudah untuk dibuat, mudah untuk disajian, bentuk/desain dibuat menarik dengan bermacam-macam gambar dan warna. Berdasarkan berbagai uraian diatas sehingga peneliti dapat menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media handout tumbuhan lumut (bryophyta) ciri khas Nusa Tenggara Timur (NTT) terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran handout, Dunia Botani, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:46 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |