PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA, SISWA KELAS V11 DI UPTD SMP NEGERI 7 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023

TEFA, Safira (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA, SISWA KELAS V11 DI UPTD SMP NEGERI 7 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (578kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata peserta didik. Leaflet merupakan media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran. Leaflet disusun dengan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti siswa. Leaflet juga merupakan media berbentuk selembar kertas yang diberi gambar dan tulisan serta dilipat menjadi 3 lipatan. Pemahaman konsep adalah proses kemampuan seseorang dalam memaknai suatu konsep serta memahami dan mampu menjelaskannya kembali dengan kata-katanya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan bantuan Media Leaflet Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA, Siswa Kelas V11 di UPTD SMP Negeri 7 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian posttest-only design. Kelompok yang pertama diperlakuan (X) disebut kelompok eksperimet dan kelompok kedua disebut kelompok kontrol. Jumlah seluruh sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal posttest, data penelitian dianalisis menggunakan SPSS. Hasil nilai taraf signifikan 0,05. penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kontekstual dengan bantuan media Leafle terhadap pemahaman konsep siswa di UPTD SMP Negeri 7 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Media leaflet, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:46
Last Modified: 10 Jul 2023 04:46
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item View Item