BOREEL, Philiphus (2023) TINJAUAN TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA MELALUI PELAJARAN IPA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN. 5 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana sikap belajar siswa kelas VII dalam mengikuti proses pembelajaran IPA di SMPN 5 Kota Kupang, 2) bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMPN 5 Kota Kupang, 3) apakah terdapat hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMPN 5 Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post fakto (non eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian korelasional dan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas VII yang berjumblah 310 orang. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple ramdom sampling dengan tingkat kesalahan (presisi) 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 75 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument non tes yang berupa angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap belajar siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product momen berbantuan SPSS versi 25 menunjukan bahwa nilai t hitung > ttabel (0.676 0.224). Sikap belajar siswa kelas VII dalam mengikuti proses pembelajaran IPA adalah sikap belajar positif. Karena hasil analisis menunjukan bahwa sikap siswa kelas VII dalam mengikuti proses pembelajaran IPA mencerminkan sikap siswa yang merasa suka, senang, serta setuju terhadap proses pembelajaran IPA. Hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA dinyatakan lulus atau tuntas dan perolehan hasil belajar tersebut memuaskan. Karena hasil belajar yang diperoleh siswa berada pada rentang 70-90. Dengan demikian maka sikap belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA. Bentuk hubungan yang terjadi adalah hubungan positif dengan tingkat korelasi kuat. Besar pengaruh yang diberikan sikap belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 55,4% atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan setiap uraian diatas maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:43 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |