PENGARUH LOYALITAS DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA NSS DI KOTA KUPANG (Pada Dealer Honda PT Nusantara Surya Sakti)

MO'E, Andri (2022) PENGARUH LOYALITAS DAN HARGA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA NSS DI KOTA KUPANG (Pada Dealer Honda PT Nusantara Surya Sakti). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
07 BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi ini menimbulkan banyaknya produk yang bervariasi. Hal ini dikarenakan oleh munculnya banyak perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang beranekaragam, baik berupa merek, kualitas, harga dan faktor-faktor lain yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk yang diinginkan perusahaan-perusahaan yang memproduksi serta menjual produk yang sama. Perusahaan dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat di pasaran perlu memperhatikan banyak hal, seperti mempelajari perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembeliannya. Keputusan pembelian menurutn, sehingga menyebabkan terjadinya persaingan yang begitu ketat di antara perusahaan-perusahaan yang memproduksi serta menjual produk yang sama. Perusahaan dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat di pasaran perlu memperhatikan banyak hal, seperti mempelajari perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembeliannya. Perusahaan biasanya sangat berhati-hati sekali mengambil kebijakan dalam penetapan harga jual produk, karena strategi penetapan tingkat harga produk sangat mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Oleh sebab itu, kepuasan konsumen akan disertai dengan loyalitas pelanggan dengan penetapan harga yang sesuai kondisi pasar pada saat itu. Imbalan dari loyalitas bersifat jangka panjang dan kumulatif , yaitu semakin lama loyalitas seorang konsumen, semakin besar laba yang dapat d iperoleh perusahaan dari konsumen. Di Kota Kupang terdapat banyak dealer motor, yang menjual berbagai macam merek sepeda motor. Merek sepeda motor yang memiliki segmentasi pasar yang luas adalah merek Honda. Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelanggan sepeda motor Honda, saat ini mengalami penurunan penjualan yang mengikuti tren penurunan penjualan pada seluruh merk kendaraan bermotor, Tahun 2013 penjualan merek Honda kembali mengalami peningkatan jumlah penjualan. Loyalitas adalah pemilihan secara optimum penempatan mesin-mesin, peralatan-peralatan produksi, tempat kerja, tempat penyimpanan dan fasilitas service, bersama-sama dengan penentuan bentuk gudang perusahaannya.Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan, sedangkan unsur lainnya hanya unsur biaya saja. Walaupun penetapan harga merupakan persoalan penting, masih banyak perusahaan yang kurang sempurna dalam menangani permasalahan penetapan harga tersebut. Karena menghasilkan penerimaan penjualan, maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan.Penjualan merupakan tujuan utama dilakukannya kegiatan perusahaan. Perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa, mempunyai tujuan akhir yaitu menjual barang atau jasa tersebut kapada masyarakat. Oleh karena itu, penjualan memegang peran penting bagi perusahaan agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat terjual dan memberikan penghasilan bagi perusahaan. Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan bertujuan untuk menjual barang atau jasa yang diperlukan sebagai sumber pendapatan untuk menutup semua ongkos guna memperoleh laba. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai loyalitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek atau subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh obyek atau subyek tersebut. Dalam penelitian ini populasi yang dipilih peneliti adalah pelanggan yang membeli motor Honda pada PT. Nusantara surya sakti kota Kupang.Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi yaitu pelanggan yang membeli motor Honda Nss pada PT. Nusantara surya sakti kota kupang. Sampel adalah sebagian atau wakil populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam meningkatkan harga sepeda motor honda data yang diperoleh dari penelitian ini adalah jumblah pegawai yang bekerja pada PT Dealer motor honda NSS yang menjadi objek penelitian ini adalah pegawai yang bekerja dalam PT motor honda surya sakti sebanyak 30 orang. Nilai koefisien konstanta sebesar 0,172 hal ini berarti nilai variabel X1, X2 dalam objek penelitian jika sama dengan nol, maka tingkat atau besar variabel (Y) akan sebesar 0,172.Nilai koefisien loyalitas adalah 0,385 menyatakan jika faktor loyalitas (X1) berpengaruh negatif terhadap peningkatan penjualan 1 poin, maka loyalitas akan mengalami peningkatan sebesar 0,385.Nilai koefisien harga adalah 0,252 menyatakan bahwa jika faktor (X2) mengalami peningkatan 1 poin, maka harga akan mengalami peningkatan sebesar 0,252. Hasil pengujian t menunjukan nilai t hitung dari variabel bebas loyalitas sebesar 11,570 dengan tingkat signifikan 0,000 yang lebih besar dari 0,05 sehingga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap meningkatkan penjualan. t hitung dari variabel bebas harga memiliki nilai 6,063 dengan tingkat signifikan 0,000 sehingga variabel bebas harga berpengaruh terhadap meningkatkan penjualan. Uji F variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Diperoleh nilai F hitung 102,978 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai R square sebesar 0,884 atau 8,84%. Hal ini menunjukan bahwa presentasi sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 8,84% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:27
Last Modified: 28 Jul 2022 05:30
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item