MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA MELALUI MODEL PROBLEMBASSED LEARNING DI SD INPRES OESAPA

NENO, Friando Amran (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA MELALUI MODEL PROBLEMBASSED LEARNING DI SD INPRES OESAPA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Latar Belakang: Latar belakanpenelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam teknik dasar menendang bola, yang dipengaruhi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher-centered, kurangnya partisipasi aktif siswa, serta minimnya penggunaan model pembelajaran inovatif. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknik passing sepak bola melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VB SD Inpres Oesapa, Kota Kupang. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Oesapa yang berjumlah 108 orang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VB yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan model quota sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes praktik teknik passing (menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki). Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil observasi dan tes. Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 44,44% dengan rata-rata nilai 61. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 96% dengan rata-rata nilai 85. Selain itu, aktivitas guru meningkat dari 61% menjadi 90% dan aktivitas siswa dari 58% menjadi 85%. Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik passing sepak bola pada siswa kelas VB SD Inpres Oesapa. Model ini mendorong siswa untuk lebih aktif, berpikir kritis, dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, teknik passing, sepak bola, SD Inpres Oesapa
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:00
Last Modified: 17 Dec 2025 04:00
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item