EVALUASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 PANTAI BARU

MALESSY, Melani N. (2025) EVALUASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 PANTAI BARU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (576kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Latar Belakang: keterbatasan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 1 Pantai Baru, khususnya pada pembelajaran permainan bola voli, yang berdampak pada kurang optimalnya proses belajar dan pengembangan keterampilan siswa. Permasalahan ini mendorong perlunya evaluasi menyeluruh terhadap pembelajaran bola voli dengan fokus pada pengelolaan sarana dan prasarana menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Evalusai pembelajaran permainan bola voli di SMA Negeri 1 Pantai Baru Metode penelitian: menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek meliputi guru PJOK, siswa, dan pihak sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Model CIPP digunakan untuk menilai relevansi konteks pembelajaran, kelengkapan input, efektivitas proses, dan pencapaian produk yang dihasilkan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran bola voli berjalan efektif dengan tingkat ketercapaian 90,62% (kategori sangat baik). Aspek konteks dinilai relevan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa, aspek input menunjukkan sarana prasarana, kompetensi guru, dan kesiapan siswa yang memadai, aspek proses mencerminkan penerapan prinsip pedagogis yang efektif, sedangkan aspek produk memperlihatkan capaian siswa yang memuaskan pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Secara umum, pembelajaran telah memberikan dampak positif terhadap pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa, meskipun peningkatan sarana prasarana dan keterlibatan siswa secara menyeluruh masih diperlukan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian evaluasi pembelajaran permainan bola voli di SMA Negeri 1 Pantai Baru dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), diperoleh hasil sebagai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran, bola voli, PJOK, CIPP, sarana dan prasarana.
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:58
Last Modified: 15 Dec 2025 04:58
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item