ASA, Agata Delapriyani (2025) DESKRIPSI TENTANG PERTIMBANGAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI TERHADAP PUTUSAN BPSK DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR TABEL.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Mengapa hakim yang menyatakan permohonan keberatan pemohon tidak dapat diterima, (2) Mengapa hakim pengadilan negeri membatalkan putusan BPSK dalam penyelesaian sengketa perlindungan konsumen. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan hakim yang menyatakan permohonan keberatan pemohon tidak dapat diterima dan pertimbangan hakim pengadilan negeri membatalkan putusan BPSK dalam penyelesaian sengketa perlindungan konsumen. Jenis penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian normatif dan bersifat deskripsi yang berusaha untuk mendeskripsikan atau menguraikan masalah aktual terkait pertimbangan hakim pengadilan negeri terhadap putusan BPSK dalam peyelesaian sengketa perlindungan konsumen. Alasan hakim Pengadilan Negeri pengadilan negeri menyatakan permohonan keberatan pemohon tidak dapat diterima, yaitu; a.Keberatan Pemohon diajukan lewat waktu (kadaluwarsa). b.Gugatan Mengandung cacat formil. Pertimbangan Hakim pengadilan negeri membatalkan putusan BPSK dalam sengketa perlindungan konsumen karena: Ketiadaan berkas berupa Putusan BPSK Lubuklingau dalam perkara in casu yang menjadi dasar pemeriksaan keberatan maka permohonan pemohon keberatan menjadi kabur (obscuur libel). BPSK Kota Medan telah melampaui batas kewenangan absolutnya dalam menangani perkara tersebut Saran yang dapat penulis berikan dalam penulisan ini adalah Saran Bagi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan Hakim a. Bagi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), agar dapat melihat dengan cermat dan teliti setiap apa yang menjadi tugas dan wewenangnya dalam menangani sengketa konsumen sehingga tidak melampaui batas wewnangnaya. b. Bagi Hakim agar tetap adil serta menjunjung Tinggi Konstitusi yang berlaku di Republik Indonesia sehingga tetap terjaga Nilai Integritas Kehakiman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri, Putusan BPSK, Sengketa Perlindungan Konsumen |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Bertha Ndiy |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:41 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:41 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |