PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMPN 1 KUPANG TENGAH

OLLA, Desy (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMPN 1 KUPANG TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR TABEL.pdf

Download (950kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Permasahan yang ditemukan adalah masih kurangnya media pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar Biologi berbasis cerita bergambar yang layak digunakan pada pokok bahasan klasifikasi tumbuhan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Persentasi hasil penelitian diperoleh dari uji coba ahli media 93%, dengan kualifikasi sangat baik, uji coba ahli desain 99%, uji coba ahli materi 79%, uji kelompok kecil 94%, uji kelompok besar 97%. Berdasarkan data para ahli dapat diketahui bahwa menurut ahli media, ahli desain, ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan jumlah persentasi keseluruhannya adalah 92,4%. Persentase penilaian menunjukkan adanya respon posotif terhadap Media Pembelajaran cerita bergambar yang dikembangkan, sehingga menunjukan bahwa bentuk gambar yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran karena bentuk media pembelajaran cerita bergambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan bentuk media pembelajaran bentuk cerita bergambar dapat menarik perhatian siswa sehingga materi pembelajaran akan lebih mudah dipahami siswa serta dapat membantu guru untuk mengajar materi klasifikasi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bahan Ajar Cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:26
Last Modified: 20 Nov 2024 01:26
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item