PENERAPAN LKS BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

BOYS, Delfi Yusanti (2021) PENERAPAN LKS BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA khususnya kelas VIII di SMP Negeri 7 kupang tengah belum memuaskan. Rendahnya hasil belajar IPA dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya proses pembelajaran yang terjadi dikelas hanya berpusat pada guru, kurangnya bahan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS Komik dengan model pembelajaran Problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah PTK dengan menggunakan 4 langkah yaitu: 1) rencana, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes, dan teknik analisisnya menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian menunjukan kemampuan media komik mengalami peningkatan. Hasil skor pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 46,66% dan skor pada siklus II 92,85%. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang diperoleh, pada siklus I yaitu 50% dan siklus II yaitu dengan skor 93,33%. Hasil belajar siswa pada siklus I ini hanya 22,22% siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 77,78% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 88,88% sedangkan 11,12% belum tuntas belajar.Dengan demikian maka hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa presentase LKS Berbasis komik dengan model pembelajaran Problem Based Learning telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan.Dari hasil penelitian yang didapatkan peneliti menyimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis komik dengan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang tengah telah mengalami peningkatan dan dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Komik Model pembelajaran Problem Based Learning,Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:37
Last Modified: 13 Jul 2022 01:21
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item