KAY, Benyamin (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
3 BAB I.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
Abstract
Latar belakang: Masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang disebabkan karena banyak siswa belum dapat memahami permainan sepak bola dengan benar sehingga hasil belajar siswa belum memuaskan. Disisi lain ada beberapa hal yang menunjukkan nilai yang dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih suka menunggu bola datang dari pada bergerak mengejar bola, serta belum tepatnya pendekatan permainan sepak bola yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran penjasorkes. Tujuan penelitian:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajar sepak bola dengan pendekatan permainan Shooting Colour siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Kupang. Metode penelitian:Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, Menurut Suharsimi Arikunto, Dkk (2012:102) adalah jenis penelitian ini yang mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat kondisi siswa. Hasil dan pembahasan:Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Adanya peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour dari siklus I ke siklus II bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Kupang. Hasil belajar pada siklus I yaitu siswa tuntas sebanyak 12 dengan presentase 37,5%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 atau 93,75%. Dapat dilihat presentase peningkatan hasil belajar penjas dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 56,25% atau meningkat 18 siswa. Simpulan: Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model modifikasi permainan shooting colour dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pendekatan permainan shooting colour. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:23 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:23 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |