ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAANKELAS DI SMA KRISTEN 2 KUPANGTAHUN AJARAN 2023/2024

NATONIS, Ajen Johanarti (2024) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAANKELAS DI SMA KRISTEN 2 KUPANGTAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Kreativitas Guru Dalam Pengelolaan Kelas di SMA Kristen 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Kreativitas guru dalam kelas merupakan hal baru yang diterapkan di dalam kelas melalui proses pengelolaan yang bervariasi dan terciptanya kondisi kelas yang menyenangkan, dengan adanya kreativitas yang guru implementasikan di dalam kelas maka pengelolaan kelas terlaksana dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kreativitas guru dalam pengelolaan kelas di SMA Kristen 2 Kupang, dengan menggunakan metode kualitatif yakni pendekatan induktif. Sampel atau sumber data dalam penelitian ini ada dua yakni data primer (guru mata pelajaran kelas XI IIS 1) 9 orang dan data sekunder (profil sekolah, keadaan pendidik, kependidikan, dan siswa). Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini dengan dua cara yakni observasi dan wawancara. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yakni; reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisisdata yang telah dilakukan, kreativitas guru dalam pengelolaan kelas di SMA Kristen 2 kupang yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di kelas XI IIS 1, dalam hal pengaturan peserta didik, kedisiplinan peserta didik, minat atau perhatian peserta didik, keaktifan belajar peserta didik, dinamika kelompok peserta didik, dan pengaturan ruangan kelas yang dilakukan di kelas seperti hal dengan memperhatikan setiap kondisi dan kesiapan siswa sebelum proses pembelajaran dimulai, kerapihan dikelas, guru kreatif dalam hal adanya games, ice breaking, menonton video, waktu istirahat ketika adanya kejenuhan atau kurang focus siswa dalam pembelajaran berlangsung. Dengan setiap tindakan kreatif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di kelas XII IIS 1 sehingga dapat mengatasi masalah yang terjadi seperti siswa yang kurang memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung atau kurang focus. Kerena dengan meningkatkan kreativitas yang diimplementasikan dikelas maka dapat meningkatkan keefektifan di dalam kelas saat proses pembembelajaran berlangsung. Adapula hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru, dimana mampu untuk memahami setiap kondisi kelas dan kesiapan siswa saat proses pembelajaran dimulai, karena dengan hal demikian maka memudahkan guru dalam setiap proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru. Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:33
Last Modified: 20 Nov 2024 03:33
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item