NDOLU, Yusthina Hardiyati (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 20 KUPANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Peserta Didi kKelas VIII Smp Negeri 20 Kupang. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. quasi experiment dengan memilih desain penelitian post test only control group design untuk hasil belajar siswa pada dua kelompok subjek, yang dilihat dari rata-rata nilai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesi. Berdasarkan hasil olahan dan analisis data yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PAK siswa pada materi kerukunan antar umat beragama. Hal ini terlihat pada hasil uji-t melalui uji independent sample t-test, pada equal variances assumed diperoleh nilai signifikansi 2- tailed-nya lebih kecil 0,05 yaitu 0,001 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi kerukunan antar umat beragama lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pendekatan metode konvensional (ceramah-diskusi). Pembelajaran dengan model pembelajarajan Problem Based Learning membuat siswa menjadi aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran dalam membangun pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:53 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:53 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |