ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL ON THE ROCK KUPANG

LOMI, Benyamin Ely (2024) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL ON THE ROCK KUPANG. Undergraduate thesis, Uninversitas Kristen Arta Wacana.

[img] Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
03. BAB 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Menurut Edy Sutrisno (2019:74), kepuasan kerja didefinisikan sebagai suatu reaksi emosional yang kompleks. Reaksi emosional ini merupakan akibat dorongan, keinginan, tuntutan dan harapan-harapan karyawan terhadap pekerjaan yang dihubungkan dengan realitas-realitas yang dirasakan karyawan, sehingga menimbulkan suatu bentuk reaksi emosional yang berwujud perasaan senang, perasaan puas ataupun perasaan tidak puas. Pentingnya kepuasan kerja pegawai dalam suatu organisasi dapat dilihat dari pegawai yang merasa puas dalam pekerjaannya cenderung memberikan respon positif terhadap organisasi, begitu pula sebaliknya pegawai yang tidak puas dalam pekerjaanya cenderung akan diam ataupun menunjukkan sikap acuh tak acuh tergantung bagaimana sikap orang tersebut bisa jadi akan berujung mengundurkan diri, maka dari itu kepuasan kerja pegawai harus dinobatkan menjadi hal utama manajemen dalam suatu organisasi. Menurut Sukrispiyanto (2019:164) Motivasi dapat dijelaskan sebagai suatu pembentukan perilaku yang ditandai oleh bentuk-bentuk akitvitas atau kegiatan melalui proses psikologis, baik yang dipengaruhi faktor instrinstic maupun extrinsic, yang dapat mengarahkannya dalam mencapai apa yang diinginkannya (tujuan). Jadi intinya seseorang dapat diarahkan pada perilakunya baik dari dirinya sendiri atau bisa dari orang lain. Menurut Goldhaber (2015) jika anggota organisasi tidak memiliki informasi yang cukup, mereka akan menjadi lebih tidak menentu dan kemungkinan besar akan menghasilkan outcome yang kurang bermutu. Selain itu, ketidakpastian juga dapat terjadi ketika anggota sebuah organisasi menerima terlalu banyak atau sedikit informasi yang memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Menurut Nusran (2019: 72) definisi stres adalah suatu keadaan yang bersifat internal karena oleh tuntutan fisik (badan), lingkungan, dan situasi sosial yang berpotensi merusak dan tidak terkontrol. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat melihat bagaimana motivasi, komunikasi, stres Kerja dan Kepuasan Kerja serta bagaimana pengaruh antara keempat variabel tersebut pada karyawan yang ada di Hotel On The Rock Kupang. Masalah pada penelitian ini adalah motivasi, Komunikasi, Stres Kerja dan kepuasan kerja karyawan. Dengan jumlah populasi yang ada 56 orang karyawan dan sampel pada penelitian ini adalah 56 populasi yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang ada di Hotel On The Rock Kupang yang berjumlah 56 orang karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden, kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 16. Pada analisis pendahuluan yang menggunakan analisis three box methode diketahui bahwa Motivasi pada karyawan Hotel On The Rock Kupang berada dalam kategori sedang, Komunikasi pada Karyawan Hotel On The Rock Kupang berada dalam kategori sedang, Stres Kerja Dalam Penelitian Ini pada karyawan Hotel On The Rock Kupang berada pada kategori sedang dan kepuasan karyawan Hotel On The Rock Kupang berada pada kategori sedang . Indikator dari masing-masing variabel tersebut juga dideskripsikan dengan bantuan tabel distribusi jawaban responden. Dalam analisis lanjutan yang menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan Koefisien determinasi. Dari hasil uji tersebut dapat diketahui bahwa hasil uji F sebesar 13.677 dan uji t sebesar 4.856, koefisien determinasi 441. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan motivasi, Komunikasi, dan Stres Kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Hotel On The Rock Kupang. sedangkan uji t Variabel Motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan, dan variabel Komunikasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan, dan variabel stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan, maka dapat dikatakan ketiga variabel tersebut terdiri dari dua variabel yang berpengaruh secara positif dan signifikan dan satu variabel yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel kepuasan kerja karyawan. Dan diperoleh nilai R square sebesar 0,441, yang artinya variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 44,1%, sedangkan sisanya 55,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Komunikasi, Stres Kerja, Kepuasan Kerja
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:05
Last Modified: 21 Nov 2024 04:05
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item