DENGAK, Martince (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 15 KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
Cover.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (499kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran IPA Biologi di UPTD SMPN 15 Kupang dapat diatasi dengan memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar, untuk itu dapat dilakukan pemilihan model pembelajaran yang sesuai seperti model pembelajaran Problem Posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Biologi dengan topik Sistem Pencernaan pada Manusia. Metode penelitian yang digunakan eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMPN 15 Kota Kupang yang berjumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian 2 kelas dengan jumlah siswa 32 orang yaitu VIIIC dan VIIIA setiap kelas terdiri atas 17 siswa. Desain penelitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan test essay. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS 22, kriteria yang digunakan untuk menerima hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternatif (H1) adalah Jika angka signifikan > 0,05 maka H0 diterima tetapi Jika angka signifikan < 0,05 maka H1 diterima. Hasil yang didapatkan adalah t-hitung sebesar 9,717 lebih besar dari nilai ttabel 2.042 dan taraf signifikan p= 0,000 atau kurang dari 0,05, Maka dapat dikatakan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing secara berkelompok pada mata pelajaran IPA Biologi di UPTD SMPN 15 Kupang Tahun Ajaran 2020/2021. Perbedaan kemampuan berpikir kritis dari setiap kelas eksperimen disebabkan oleh perbedaan perlakuan disertai dengan adanya perbedaan variasi yang digunakan selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing, Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:05 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:05 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/43 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |